-->

Cara Mencegahan Early Mortality Syndrome (EMS) pada Udang Vaname ( Littopenaeus vannamei)


Pencegahan Wabah Early Mortality Syndrome (EMS)





Pencegahan wabah EMS dalam budidaya harus dilakukan agar berkurangnya kendala dalam budidaya. Salah satunya yaitu adanya kebijakan pemerintah yang melarang pemasukan udang dan pakan alami dari negara dan/atau negara transit yang terkena wabah acute hepatopancreatic necrosis synrome (AHPNS) atau early mortality syndrome (EMS). 

Adanya sosialisasi pentingnya wabah EMS pada udang dilakukan kepada para pelaku bisnis dan petambak udang yang ada. Tujuannya adalah memberikan pemahaman dan informasi pada pelaku bisnis udang dan petambak udang agar mengetahui tentang bahaya EMS sehingga tidak memasukkan udang hidup/segar dari negara yang sedang terjadi wabah AHPNS (EMS), antara lain; China, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Pelaku bisnis sangat mendukung upaya pencegahan masuknya wabah EMS dari negara-negara yang sedang terjangkit wabah.

Dilakukannya pemantauan secara rutin dan periodik suatu perairan dan sentra-sentra budidaya udang dengan pengamatan laboratorik secara berkelanjutan. Hal ini dapat mencegah merambahnya wabah EMS ke perairan secara meluas dan segera dilakukan penanganan bagi tambak yang positif terkena wabah EMS.

LihatTutupKomentar