-->

Derogenes sp. Praktikum Parasit Ikan Air LAut

Praktikum Parasit Ikan Air Laut 

Parasit adalah suatu organisme yang hidup pada organ luar atau pada organ dalam organisme lain (berbeda spesies), yang bersifat merugikan. Organisme parasit terdiri dari protozoa, jamur, serangga tingkat rendah, cacing dan lain-lain. Parasit dapat menyebabkan ikan sakit. Berdasarkan tempat tinggal parasit dikelompokan menjadi 2 golongan;
1) Ecto-parasit (external parasite); yaitu parasit yang hidup pada organ tubuh sebelah luar dari inangnya.
2) Endo-parasit (internal parasite); yaitu parasit yang hidup pada organ tubuh sebelah dalam dari inangnya.

Berikut ini hasil pengamatan parasit yang didapat dari tubuh ikan air laut yaitu Ikan Kembung. 
Ikan Kembung (Rastrelliger sp) yang digunakan merupakan ikan air laut yang berasal dari perairan Demak, Jawa Tengah. 

1.Deregenus varicus
Taksonomi menurut Muller (1784) yaitu sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Filum : Platylelminthes
Class : Termatoda
Ordo : Plagiorachiida
Family : Derogenidae
Genus : Deregenes
Spesies         : Derogenes sp.


Deskripsi:

Gejala klinis yang terlihat yaitu kulit terkelupas dan terdapat warna kemerahan pada bagian sirip ekor. Panjang tubuh 14,5 cm dengan berat 76 gram. Parasit Derogenes varicus ditemukan pada ikan sampel 1 pada bagian lambung, hal ini karena parsit tidak tersebut dapat tumbuh di saluran pencernaan seperti usus. Parasit tersebut berbentuk agak lonjong dengan bagian ujung atasnya agak lancip dan bagian ujung bawahnya agak membulat berjumlah 1 ekor. 

Nilai intensitas yang didapatkan pada parasit tersebut yaitu berjumlh 1 ekor dengan prevalensi sebesar 33,33% dan dominasi sebesar 50%. Hal ini dapat dikatakan bahwa parasit  Derogenes varicus sebagian kecil menyerang kultivan akibat adanya lingkungan yang kurang baik. Oleh sebab itu, dominasi yang didapatkan sebesar 50% akibat lingkungan yang semakin memburuk sehingga memudahkan patogen seperti parasit tersebut mudah menyerang kultivan baik stadia larva maupun dewasa.

By : Tim Praktikum PPI 2013 

LihatTutupKomentar