-->

Contoh Layout pembuatan Konstruksi Tambak Udang Vaname

1.1.1.     Konstruksi Tambak Milik Bapak Muhidin
Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan pada satu konstruksi tambak produksi udang bapak Muhidin didapatkan bahwa konstruksi tambak udang bapak Muhidin dibangun dengan bentuk bujur sangkar dengan ukuran panjang dan lebar yakni 36,3 m x 23,6 m yang luasnya 856,68 m2dan tinggi tambak 1,5 m (Gambar 4). Bentuk pematang pada budidaya udnag vaname di tambak Pak Muhdi kemiringan sebesar 3,6 m. Berikut ini bentuk pematang dalam budidaya udang vanme pak Muhdi dapat dilihat pada Gambar 5.
Pada model pematang dibuat bentuk datar dilapisi sedikit mulsa dengan panjang tanggul 1,6 m dan tanggul tambak dibentuk dengan kemiringan sebesar 3,6 m (Gambar 5). 
Baca Juga : Keterkaitan Konstruksi Tambak dengan Jenis Kultivan Budidaya
Pada dasar tambak berupa lumpur dan sedikit berpasir serta dasar tambak tanpa dilapisi mulsa. Pada model inlet dan outlet menggunakan 2 pipa berukuran panjang total 8 meter serta untuk saluran irigasi sendiri mengambil sumber air dari sungai kota yang berjarak 100 meter dari lokasi tambak. Berikut ini letak saluran inlet dan outlet pada budidaya udang vanme dapat dilihat pada Gambar 6.
Saluran irigasi yang digunakan oleh pak Muhdi dalam budidaya udang vaname berasal dari sungai yang letaknya sekitar 100 m dari lokasi tambak. Pak Muhdi menggunakan pipa yang ditanamkan ke dalam tanah dan kemudian dimasukkan ke dalam tandon. Berikut ini letak saluran pipa yang ada di tambak pak Muhdi dapat dilihat pada Gambar 7.

Terimakasih telah berkunjung diartikel saya, bila kamu suka dengan artikel Contoh Layout  pembuatan Konstruksi Tambak Udang Vaname. Ada baiknya juga kamu membaca artikel pilihan yang ada dibawah ini : 


LihatTutupKomentar